Arsip Blog

Kedisiplinan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya

kecerdasan-manusia.gif

Pengertian Kedisiplinan

Secara singkat kedisiplinan adalah usaha melakukan atau menegakkan tata tertib. Karena ruang lingkup penelitian adalah di sebuah instansi atau sekolahan.

Maka dapat disimpulkan sebagai usaha melakukan atau menegakkan tata tertib di lingkungan sekolah yang melibatkan seluruh komponen- komponen sekolahan yang diantaranya adalah: kepala sekolah, guru, siswa, maupun staf-staf tenaga yang lain di dalam sekolah tersebut.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kedisiplinan

Faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan akan sangat berpengaruh terhadap hasil dari proses menerapkan kedisiplinan tersebut. Faktor-faktor yang dapat memepengaruhi kedisiplinan peserta didik antara lain :

1. Faktor pendidikan. usaha sadar serta sistematis yang berlangsung seumur hidup pada rangka mengalihkan pengetahuaa n kepada sesorang terhadap orang lain.

2. Faktor genetik, yaitu segala sesuatu dibawa pada setiap individu sejak lahir dan terdapat pula keturunan/ warisan dari orang tua.

3. Faktor lingkungan yang memiliki peranan yang begitu mempengaruhi terhadap kedisplinan setiap orang. Sifat kedisiplinan setiap orang selain dapat dipengaruhi dari faktor genetik juga dapat dipengaruhi dari faktor lingkungan, karena jika lingkungan berkondisikan baik, maka pengaruh yang diambil seseorang tersebut juga baik dan sebaliknya.

Apabila lingkungan kondisinya buruk maka buruk pula yang diperolehnya.

Untuk menanamkan disiplin pada setiap anak tidaklah mudah, karena banyak faktor-faktor yang dapat memepengaruhi sehingga peserta didik tidak mampu bersikap disiplin atau dapat pula dikatakan bahwa peserta didik tersebut memiliki kualitas disiplin yang rendah.

Faktor lingkungan sekolah mempunyai nilai yang cukup tinggi dalam kedisiplinan peserta didik, misalnya apabila staf sekolah mampu mengikuti peraturan dan tata tertib serta bekerja dengan disiplin maka secara otomatis peserta didik juga mampu menerapkan sikap disiplin pada dirinya sendiri tentunya dengan penuh kesadaran, sehingga mampu memberi pengaruh yang positif terhadap belajarnya.

Sedangkan apabila staf sekolah tidak dapat bersikap disiplin maka pengaruh negatif yang akan peserta didik terima karena menurut mereka tidak adanya motivasi sendiri dari pihak sekolah sehingga proses belajar senang sulit dikendalikan dengan adanya ketidak disiplinan sekolah.

Posting Komentar

Distributed by Gooyaabi Templates | Designed by OddThemes