Arsip Blog

Prinsip-prinsip organisasi

Prinsip-Prinsip Organisasi adalah bahan-bahan bangunan dari sebuah organisasi.

Makin banyak prinsip yag dipergunakan, akan makin kompleks sifart dari organisasi tersebut dan akan makin sukar administrasinya tentu saja.

Lyndal F Urwick dalam bukunya berjudul Notes on The Theory of Organization mengemukakan adanya sepuluh prinsip organisasi yakni sebagai berikut :

1. Principle of the Objective.- Setiap Organisasi beserta suku-suku bagiannya harus mempunyai maksud dan tujuan yang jelas, bilamana tidak maka organisasi itu tidak ada gunanya.

2. Principle of Specialization- Kegiatan-kegoatan daripada warga di organisasi tersebut sejauh mungkin haruslah dibatasai kepada satu fungsi saja.

3.Principle of coordination- Maksud dan tujuan pengorganisasiannya adalah justru untuk memungkinkan adanya koordinasi, yakni kesatuan gerak dan upaya.

4. Principle of Authority-Dalam tiap organisasi mesti ada penguasa yang tertinggi. Dari penguasa tertinggi ini harus ada garis kewenangan yang jelas dan tegas ke bawah, ke semua personal organisasi tersebut.

5. Principle of Responsibility- atasan bertanggung jawab secara mutlak kepada semua perbuatan yang dilakukan oleh para bawahan di dalam rangka dan tugas organisasi.

6. Principle of Definition-Isi daripada setiap jabatan (posisi) termasuk kewajiban- kewajibannya, kewenangannya dan tangung jawab mutlak harus dirumuskan dengan jelas dan tegas secara terttulis, dan disampaikan kepada semua pihak yang bersangkutan.

7. Principle of Correspondence- Dalam tiap jabatan (posisi), kewenangan dan tanggung jawab haruslah cocok, memadai, setimpal dan sesuai.

8. The span of control- Setiap orang tidak boleh membawahi lebih dari 5 atau 6 orang bawahan yang mempunyai tugas tabf pekerjaannya saling berkaitan (interlocks).

9. Principle of Balance- Berbagai unit organisasi yang ada satu sama lain harus selalu diseimbangkan.

10. Principle of Continuity- Organisasi harus dibuat begitu dinamis sehingga dapat disesuaikan secara terus menerus (tanpa menggocangkan suasana) kepada perubahan-perubahan keadaan lingkungan dan tugas.

Posting Komentar

Distributed by Gooyaabi Templates | Designed by OddThemes