Arsip Blog

Mengembangkan motivasi belajar

Mengembangakan motivasi belajar siswa :

Sekarang saya jelaskan tentang cara mengembangkan motivasi untuk belajar siswa agar siswa semangat dalam mengejar cita-cita nya setinggi mungkin dengan sedikit motivasi belajar yang saya paparkan dibawah ini berupa antara lain :

Cara membangun dan mengembangkan motivasi belajar siswa baik itu diluar sekolah dan di dalam sekolah ialah ???

DI LUAR SEKOLAH :

1. Menekankan arti pentingnya persiapan untuk mengahadapi masa depan yang kemungkinan lebih banyak tantangan dan rintangan dalam kehidupan.

2. Memberikan contoh- contoh dan gambaran tentang orang yang sukses atau kiat orang sampai sukses ( Hal ini diberikan 5 menit sebelum mulai pembelajaran).

3. Menjelaskan kegunaan dan manfaat tentang materi pelajaran yang akan diberikan pada siswa-siswa.

4. Menekankan tentang arti pengtinganya berpikir untuk berkerja semaksimal mungkin.

DI DALAM SEKOLAH :

1. Dengan cara memberikan ganjaran untuk pekerjaan yang dilaksanakan oleh siswa yang tidak mengerjakan dan salah sehingga dengan ini siswa- siswa berpikir untuk lebih maksimal dalam mengerjakan pelajaran, tetapi dengan hal itu tidak lah keterlaluan cuman sebatas untuk siswa menyadiri pentingnya kesungguhan, kalau guru sudah keterlaluan menghukum maka akan mengganggu mental psikisnya sehingga dalam motivasi tidak bisa dilakukan karena mentalnya down.

2. Memberikan informasi tentang potensi atau target yang harus di capai siswa- siswa dalam pelajaran tersebut sehingga siswa- siswa tidak semau nya sendiri tampa tujuan.

3. Kembangkan suasana nyaman dalam kelas berupa siswa- siswa merasa di terima dan diasuh dengan perhatian seperti kita memberikan arahan disamping dia.

4. Usaha guru cepat meresfon tentang pertanyaan murid yang bertanya disini siswa merasa diperhatikan.

5. Pemberian tugas secra lebih terperinci tidak mempersulit siswa-siswa didik kita.

6. Tidak membuat takut siswa tentang potensi siswa yang harus dicapai, melainkan memberikan semangat agar semua itu tidak terjadi.

7. Guru-guru harus menunjukan profisional pengajaran dalam penguasaan bahan atau materi pembelajaran tersebut sehingga mampu menarik perhatian siswa-siswa.

Demikian tentang cara mengembangan motivasi belajar perserta didik kita sesuai kompotensi sesuai harapan pamerintah dan perkembangan peserta didik agar menjadi lebih baik dan bersemangat.

semoga bermanfaat dan berdaya guna demi membimbing peerserta didik kita, adik - adik kita, keponakan kita hingga anak kita sendiri. dan jangan lupa peilaianya atas artikel ini.

Posting Komentar

Distributed by Gooyaabi Templates | Designed by OddThemes