Arsip Blog

Pengaruh teknologi dalam dunia perkantoran

Fenomena teknologi dewasa ini :

1. Semakin baiknya akses jaringan komputer

2. Meningkatnya fasilitas komunikasi

3. Makin mudahnya akses internet

4. Semakin tingginya biaya sewa kantor

5. Adanya keinginan untuk menarik dan menahan pegawai yang potensial Gomez – Meija dkk (2004)

mendeskripsikan telecommuting : Perencanaan kerja yang memungkinkan pegawai untuk bekerja di tempat selain kantor (biasanya rumah, kantor kecil atau di jalan) dengan selalu menghubungkan diri ke kantor melalui telepon, faks atau e-mail. Jenis pekerjaan untuk Telecommuting :

1. Pekerjaan yang jelas dan dapat terukur

2. Membutuhkan interaksi harian dengan kelompok kerja

3. Membutuhkan interaksi setiap hari dengan pelanggan

4. Pekerjaan bisa dilakukan dengan baik di luar kantor misal mengetik, menelepon, data entry

5. Ada perjalanan dinas misal jabatan manajemen untuk permanen atau sementara

6. Pekerjaan yang tidak memerlukan interaksi tinggi dengan pegawai lain

Karakteristik pegawai Telecommuter :

1. Mampu memotivasi dan mendisiplinkan diri sendiri

2. Mengenal budaya, kebijakan dan prosedur organisasi dengan baik

3. Menyadari kelebihan dan kekurangan diri

4. Memerlukan waktu untuk berfikir secara kreatif

5. Mampu menyelesaikan pekerjaan tanpa ada interaksi sosial

6. Tidak merasa disingkirkan dari interaksi sosial

7. Mempunyai minat tinggi sebagai telecommuter Dampak negatif Telecommuting :

1. Pegawai dapat menghindar dari pengawasan pihak manajemen

2. Pegawai akan beranggapan mereka terkucil dari rekan kerjanya

3. Pegawai kehilangan interaksi sosial

4. Memungkinkan menambag stress dalam rumah tangga

5. Berdampak kurang menguntungkan pada kariernya di masa yang akan datang Kiat menjadi pegawai administrasi profesional :

1. Jadilah orang yang efisien mengorganisasi pekerjaan, mengelola waktu, sikap dan menyusun prioritas pekerjaan yang harus dilakukan

2. Mengetahui penggunaan software yang dibutuhkan di kantor

3. Mengetahui prosedur surat serta menyiapkan laporan

4. Mengetahui penggunaan multimedia, e-mail, dll

5. Mengetahui prosedur bernegosiasi dengan pelanggan, pegawai, face to face di kantor, dalam rapat, menjawab telepon, membuat janji dan membuat rencana perjalanan

6. Menggunakan otomatisasi kantor- fotokopi, scanner facsimile

7. Menggunakan sumber data yang kredibel, database maupun internet guna mencari informasi

8. Memahami filing dan records control

9. Memahami jasa layanan bank yang berhubungan dengan prosedur kantor

10. Mengetahui pentingnya job campaign dan cara mengumumkannya

11. Menyadari akan adanya peluang karier dan mobilitas pekerjaan dalam kantor

Posting Komentar

Distributed by Gooyaabi Templates | Designed by OddThemes