Arsip Blog

Teori menejemen dan organisasi

Terdapat 12 belas aliran modern dari teori manajemen dan organisasi..Diantaranya :

1. Aliran Scientific Management, dibawakan antara lain oleh Taylor, Gantt, Frank dan Lilian Gilbreth, Thompson.

2. Aliran Human Relation, yang diperjuangkan oleh Elfon Moyo, Roethlisberger, Dickson dan Lewin serta beberapa kawan lainnya.

3. Aliran Management Process, antara lain oleh Fayol, Sloan, Peter Drucker, Dale, Humble, Chandler, Chester Barnard, Brown, Gulick.

4. Aliran Teori Struktur Organisasi, oleh Weber, Brech, Emerson, Parsons, Crozier, Mouzelis, Blau, Perrow, Etzioni, Merton, Pugh.

5. Aliran Revisionisme, yang menekankan pentingnya tautan manusia dan organisasi. Antara lain oleh Bakke, Vroom, Tannebaum, McGregor, Maslow, Argyris, Likert, Bennis.

6. Aliran Desisional, antara lain oleh Herbert Simon, March, Kepner, Tregoe.

7. Aliran Teori Komunikasi dan Informasi, antara lain oleh Shannon, Wiever, Wiener dan Leavitt.

8. Aliran Teori Sistem, antara lain oleh Boulding, Ackof, Beer, Ashby, Rice, Katz, Kahn, Rapoport, Von Bertalanffy.

9. Aliran Teori Strategi, yang dibawakan oleh mereka yang menekankan pada pentingnya relasi antara organisasi dan lingkungan sekitarnya, oleh Ansoff, Steiner, Mintzberg, Baumol, Andrews, Bower.

10. Aliran Teori Lingkungan, yang menekankan pada pentingnya pengaruh organisasi Ekstern (lingkungan) terhadap Organisasi Intern, antara lain oleh Emery, Trist, Dill, Thompson.

11. Aliran Teori Organizational Growth and Development (Pertumbuhan dan Perkembangan Organisasi), yang menekankan pada evolusi pada organisasi, antara lain oleh Channon, Chandler, Greiner, Beckhard.

12. Aliran Contingency Theory (Teori Kontingensi) yang menekankan pada kenyataan bahwa setiap organisasim dan manajemen itu pada hakikatnya adalah produk daripada situasi sekelilingnya. Antara lain oleh Woodward, Lawrence, Lorsch, Morse.

Semoga artikel ini berguna buat teman- teman yang sedang mencari informasi tentang aliran teori manajemen dan organisasi

Posting Komentar

Distributed by Gooyaabi Templates | Designed by OddThemes