Arsip Blog

Pengertian dogma dalam psikologi

Jumpa kembali dengan blog riedwhan , yang kaya dengan ilmu pengetahuan. Hehe, pada kesempatan kali ini blog riedwhan akan membahas tentang dogma?? Apa sich dogma itu, mari simak baik-baik .

Dogma adalah keyakinan tak tergoyahkan bahwa sesuatu itu benar, terlepas dari bukti. Kata ini sering disalahgunakan sebagai dipertukarkan dengan doktrin, tetapi doktrin ini, melainkan penafsiran dogma.

Paling sering digunakan, kata dogma diterapkan pada agama. Contoh dalam kekristenan termasuk kepercayaan pada Tuhan dan keyakinan bahwa konsepsi Yesus. Dalam agama seperti Hindu, dogma mengekspresikan keyakinan dasar dalam konsep karma dan reinkarnasi.

Seseorang yang tidak percaya pada ide-ide tidak bisa mengguncang iman seseorang yang percaya pada reinkarnasi. Pada dasarnya, dogma berasal dari iman. Dogma pertama, dalam hal agama, adalah keyakinan bahwa ia percaya sebagai makhluk ilahi atau makhluk ciptaan tuhan.

Dogma ini merupakan sistem kepercayaan atau doktrin yang dipegang oleh sebuah agama, atau kelompok tertentu atau organisasi. Dogma Ini berfungsi sebagai bagian dari dasar utama dari sistem ideologi atau keyakinan, dan tidak dapat diubah atau dibuang tanpa mempengaruhi sangat sistem paradigma, atau ideologi itu sendiri.

Dogma bisa digunakan dan diterima para filsuf atau sekolah filsafat, mengeluarkan keputusan otoritas politik. Istilah ini berasal dari bahasa Yunani δόγμα "apa yang tampaknya satu, pendapat atau keyakinan" dan bahwa dari δοκέω (dokeo), "untuk berpikir, untuk menduga, membayangkan". Dogma digunakan untuk menandakan hukum atau peraturan diputuskan dan dibebankan pada orang lain dengan abad pertama.

Jamak adalah baik dogma atau dogmata, dari δόγματα Yunani. Istilah "dogmatika" digunakan sebagai sinonim untuk teologi sistematik, seperti dalam buku Karl Barth mendefinisikan neo-ortodoksi, volume 14-Dogmatics Gereja.

Dalam Islam, prinsip- prinsip dogmatis yang terkandung dalam aqidah tersebut. Dalam denominasi Kristen, dogma disebut sebagai "doktrin".

nah? Sudah pahamkan apa itu dokma? ? Dan semoga artikel tentang pengertian dogma dalam ilmu psikologi ini bermanfaat. Happy blogging

2 komentar :

  1. Assalamu'alaikum wr wb

    kunjungan malam masta

    wuiih keren artikel'a masta:)

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum wr wb

    kunjungan malam masta

    wuiih keren artikel'a masta:)

    BalasHapus

Distributed by Gooyaabi Templates | Designed by OddThemes