Arsip Blog

Metode pengukuran kepribadian

Tau gak sob, sebenernya. . Kepribadian dapat diukur dengan interpretasi angka rata-rata berupa laporan kuesioner kepribadian atau penelusuran kepribadian seutuhnya (personality inventory,) nah, Beberapa cara untuk mengukur dan menyelidiki kepribadian diantaranya yaitu:

Observasi Direct

Observasi ini memiliki sasaran khusus, sedangkan observasi biasanya mengamati tentang tingkah laku umum subjek.

Observasi direk memilih situasi tertentu, seperti saat bisa memperkirakan munculnya indikator dari ciri-ciri yang hendak diteliti, sedangkan observasi biasa umumnya tidak merencanakan untuk memilih waktu.

Observasi direct diadakan dalam situasi terkontrol, dapat diulang dan dapat dibuat juga replikasinya.

Misalnya aja: saat berpidato, sibuk bekerja, dan sebagainya. Ada tiga metode observasi direct, sebagai berikut:

  1. Time Sampling Method; tiap-tiap subjek diselidiki pada periode waktu tertentu. Hal yang diobservasi yaitu sekedar muncul tidaknya respons atau aspek tertentu.
  2. Incident Sampling Method; sampling dipilih dari berbagai tingkah laku dalam berbagai situasi. Laporan observasinya mungkin berupa catatan-catatan dari ibu tentang anaknya, khusus pada waktu menangis, pada waktu mogok makan, dan sebagainya. Dalam pencatatan tersebut hal-hal yang menjadi perhatian adalah tentang intensitasnya juga efek-efek setelah respons.
  3. Metode Buku Harian Terkontrol; dilakukan dengan mencatat dalam buku harian tentang tingkah laku yang hendak diselidiki oleh yang bersangkutan sendiri. Misalnya mengadakan observasi pribadi pada waktu sedang marah.

Wawancara (Interview)

Interview ini digunakan untuk mengetahui sejauh mana seseorang dapat bertahan terhadap hal-hal yang dapat mengganggu emosinya dan juga untuk mengetahui seberapa lama seseorang dapat kembali menyeimbangkan emosinya setelah tekanan-tekanan ditiadakan.

si Interviewer ditugaskan mengerjakan sesuatu yang mudah, kemudian dilanjutkan dengan sesuatu yang lebih sukar.

Exhaustive Interview

Interview ini berlangsung sangat lama (non-stop) dan biasa digunakan untuk meneliti para tersangka kriminal atau pelaku kejahatan.

sumber : id.shvoong.com dengan sedikit perubahan

2 komentar :

  1. wah jadi makin nambah pengetahuan nih...
    :)

    BalasHapus
  2. hdr untuk nyimak and jangan lupa mampir ke gubug ane

    BalasHapus

Distributed by Gooyaabi Templates | Designed by OddThemes