Arsip Blog

Gejolak jiwa muda

BLog riedwhan pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai remaja dengan tema gejolak jiwa muda memang pada Fase remaja merupakan segmen perkembangan individu yang penting yang diawali dengan organ-organ fisik (seksual), perkembangan sikap, pengembangan potensi diri, minat-minat seksual, perenungan diri, dan sebagainya.

Usia 12 sampai dengan 18 tahun merupakan usia sedang berada dalam perkembangan yang mengalami masa remaja. Remaja diartikan sebagai individu yang sedang dalam proses pengembangan, yaitu berkembangnya ke arah kematangan dan kemandirian.

Untuk mencapai kematangan tersebut, remaja memerlukan bimbingan tentang pemahaman atau wawasan tentang diri dan lingkungannya, serta pengalaman menentukan arah kehidupannya.

Oleh karena itu, perlu adanya upaya-upaya yang harus dilakukan oleh para remaja itu sendiri. JIka kitabertanya kepada salah seorang remaja, apakah yang ingin diraih di dalam kehidupannya? Tentu jawabannya adalah sukses. Ketika ia menyadari bahwa dirinya menjadi tumpuan harapan orang tua, ketika ia memandang ke depan dan mendapatkan bahwa perjalanan hidupnya masih panjang, ketika ia memiliki rencana- rencana kehidupan yang diwujudkan, maka hanya ada satu tekad yang harus dicapainya, yaitu sukses.

Kebanyakan orangberanggapan bahwa sukses adalah jika seorang menjadi presiden, menjadi menteri, pejabat tinggi, gubernur, bupati, anggota DPR, pengusaha kaya, da’i sejuta umat, bintang film, selebriti, pemain sepak bola termahal di dunia, orang yang hartanya berlimpah ruah, orang yang mobilnya berderet- deret, dan sebagainya.

Jika ada orang yang meraih hal-hal tersebut, maka kita tidak perlu mengingkari bahwa mereka adalah orang- orang yang telah meraih ”kesuksesan,” sukses secara materi.

Apakah ukura sukses bagi seseorang tidak hanya sukses secara materi? Ukuran sukses bukan hanya karena banyaknya materi. Sukses adalah proses perjuangan untuk menjadi lebih. Menurut Walter Staples (1998:101) mengatakan di dalam buku “In Search of Your True Self,” bahwa yang disebut sukses adalah proses terus menerus untuk menjadi lebih baik, mengembangkan semua aspek diri, mula- mula harus menjadi lebih baik secara mental maupun secara spiritual, sebelum bisa melakukan lebih banyak dan memiliki lebih banyak, dan menjadi lebih itu meliputi hal-hal yang lebih luas, yaitu spiritual, intelektual, emosional, material, dan sosial.

Dengan demikian,sukses berarti telah berpindah dari menjauhi Tuhan menjadi dekat kepada Tuhan, menjadi lebih baik dalam beribadah, akhlak menjadi bagus, berpindah dari kebodohan kepada ilmua pengetahuan, memiliki gagasan- gagasan untuk masa depan, dan sukses berarti lebih makmur dan sejahtera di dalam materi.

Dalam masa remaja, banyak sekali godaan dan rintangan yang harus dilalui apabila ingin menjadi remaja yang sukses sekarang ataupun kelak di masa depan.

Oleh karena itu diperlukan upaya-upaya untuk menjadi remaja yang sukses.

Ciri khas yang dimiliki oleh semua orang sukses adalah mereka menguasai cara membina hubungan dengan orang lain.

Sebagai remaja harus mempunyai bahan yang penting untuk mencapai kesuksesan dan kebahagiaan sedini mungkin, salah satunya dengan menguasai cara membina hubungan dengan orang lain.

. Demikianlah uraian mengenai gejolak jiwa muda, mudah-mudahan memberikan sedikit pencerahan dan pemahaman. Semoga artikel ini bermanfaat. Happy blogging

1 komentar :

  1. merdian dwi priambodo29 April 2013 pukul 07.26

    ane menghadiri postingan agan. . . .

    BalasHapus

Distributed by Gooyaabi Templates | Designed by OddThemes