Arsip Blog

Antara kehidupan dan lingkungan

Antara kehidupan dan lingkungan,

Lingkungan di ciptakan oleh TUHAN YANG MAHA ESA sebagai tempat untuk menempuh kehidupan. Di lingkungan lah manusia dapat menjalankan segala aktivitas seperti, bekerja,berolahraga, bercocok tanam,bermain,serta mendirikan tempat tinggal.

Dengan adanya lingkungan manusia dapat menjalankan segala kegiatan maupun aktivitas berjalan secara teratur.

Kita sebagai manusia adalah aktor dan peran utama yang mendiami suatu lingkungan, oleh sebab itu manusia perlu menjaga serta melestarikan lingkungan yang telah memberikan kehidupan.

Namun kenyataan saat ini lingkungan kian hari kian mengalami hal-hal buruk, seperti terjadinya pembakaran hutan untuk lahan penduduk, penebangan hutan liar secara berlebihan, dan hal yang sering kita jumpai yaitu membuang sampah tidak pada tempatnya, kedengarannya itu hal yang kecil atau sepele namun dampak yang di timbulkan sangatlah besar.

Dampak lingkungan buruk di sebabkan karna beberapa faktor, yaitu ada 2 faktor yang menyebabkan timbulnya lingkungan yang buruk , faktor manusia dan faktor alam.

1. Faktor Manusia

faktor kerusakan yang di lakukan oleh manusia sangatlah besar dampaknya bagi lingkungan kehidupan manusia.

Beberapa di antara manusia melakukan kerusakan di lingkungan karna kepentingan pribadi tanpa menghiraukan dampak yang di timbulkan.

Adapun beberapa contoh dampak yang di timbulkan karna ulah manusia adalah :

  1. terjadinya pencemaran (pencemaran udara, air, tanah, dan suara) sebagai dampak adanya kawasan industri.
  2. Terjadinya tanah longsor, sebagai dampak langsung dari rusaknya hutan.
  3. Terjadinya tanah longsor, sebagai dampak langsung dari rusaknya hutan.
Beberapa ulah manusia yang baik secara langsung maupun tidak langsung juga membawa dampak pada kerusakan lingkungan hidup antara lain:
  1. Penebangan hutan secara liar (penggundulan hutan). Perburuan liar.
  2. Merusak hutan bakau.
  3. Penimbunan rawa- rawa untuk pemukiman.
  4. Pembuangan sampah di sembarang tempat.
  5. Bangunan liar di daerah aliran sungai (DAS).
  6. Pemanfaatan sumber daya alam secara berlebihan di luar batas.

2. Faktor Alami

Kerusakan yang di timbulkan karna faktor alamiyah merupakan tragedi yang di sebabkan karna pengaruh cuaca, suhu, serta kondisi alam yang sudah di takdir kan oleh sang maha pencipta.

contoh kerusakan yang di timbulkan karna faktor alami seperti, tsunami yang terjadi di Aceh. Sudah kita ketahui bahwasannya Tuhan menciptakan segala apa pun yang ada di Dunia ini untuk hidup saling menjaga dan melindungi.

Begitu pula dengan manusia dan lingkungan, manusia harus menjaga serta melestarikan lingkungan agar menciptakan kehidupan yang sehat dan bersih sehingga terciptanya kehidupan yang aman dan menyenangkan.

Memang tidak semudah yang di bayangkan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan supaya tercipta lingkungan yang sehat dan baik. Harus butuh usaha dan gerakan untuk berharap mendapatkan lingkungan yang baik.

Adapun usaha yang dapat di lakukan sebagai gerakan untuk melestarikan lingkungan :

  1. membuang sampah pada tempatnya.
  2. Tidak membuang limbah perumahan langsung ke sungai.
  3. Membuat pabrik daur ulang untuk limbah- limbah yang sulit terurai.
  4. Meminimalisirkan jumlah kendaraan yang akan berdampak kepada kondisi dan udara lingkungan.

Semua usaha di atas merupakan sebagian usaha dari sekian banyak usaha yang dapat di lakukan oleh manusia demi terjaganya lingkungan ini, masih banyak cara serta usaha yang akan menimbulkan dampak positive bagi lingkungan demi terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat. Semoga bermanfaat

Posting Komentar

Distributed by Gooyaabi Templates | Designed by OddThemes