Arsip Blog

Awasi anak-anak ketika bermain di dunia maya

Anak-anak itu keingin tahuannya sangat tinggi maka Sejak kehadiran internet pada tahun 1980an, dunia seperti tanpa jarak. Apa yang terjadi di pelosok dunia saat ini dapat dengan mudah kita ketahui hanya dengan klik mouse ada kemungkinan si anak gemar berpetualang karena rasa keingintahuanya tentang dunia internet.

Pada dasarnya internet membantu kita mengakses varietas informasi dan ide-ide baru. Bahkan menghubungkan kita dengan orang-orang di belahan dunia yang berbeda.

Kehadiran internet mengatasi kendala jarak ruang dan waktu.

Sayangnya pada saat yang sama internet bagai kran air yang bocor. Banjir informasi melanda dengan membawa informasi yang sama sekali tidak kita butuhkan.

Siapapun dapat mengakses dan siapapun dapat meng- upload informasi.

Anak-anak adalah pihak yang paling rentan terhadap content buruk yang beredar internet.

Pornografi dan content berbahaya lainnya siap memangsa anak-anak.

OLeh karena itu Tugas orang dewasa untuk melindungi mereka dari pengaruh buruk tersebut. Kita tidak dapat menjauhkan anak-anak dari internet. Karena internet adalah alat ajaib yang dapat membantu anak-anak mempelajari dan mengeksplorasi ide dan budaya baru demi kemajuan mereka.

Berbagai informasi pelajaran dapat mereka dapatkan: matematika, ilmu bumi, geografi, hingga kehidupan dan budaya suku terasing di Afrika.

Jangan pernah biarkan anak-anak menjelajah dunia maya tanpa bimbingan dan pengawasan.

Saat ini terdapat berbagai macam software perlindungan yang memungkinkan para orang tua mengontrol aktivitas anak-anaknya di dunia cyber.

Software ini bekerja dengan berbagai metode. Ada yang menutup celah spam dan cookies, ada juga yang memberi informasi siapa saja yang dijumpai anak-anak di internet dan website apa saja yang mereka kunjungi, seperti yang terdapat pada Windows Vista.

Fungsi Parental Control telah terintegrasi dalam Windows Vista bekerja dengan bentuk pembatasan waktu akses bagi anak-anak.

Selain membatasi waktu, Parental Control juga memberikan pilihan situs apa saja yang dapat diakses anak-anak, serta melaporkan situs apa saja yang telah dikunjungi anak-anak.

dengan cara itu pengawasan terhadap anak-anak didunia maya terjaga. Semoga saja ada beberapa cara lagi dalam memberi solusi u/masalah ini.

semoga bermanfaat. Happy blogging

Posting Komentar

Distributed by Gooyaabi Templates | Designed by OddThemes