Arsip Blog

Sekilas tentang arti ilusi

Melamun dan bengong memikirkan hutang?? Apa itu termasuk ilusi ya sob. He? . Sebenarnya ilusi itu Tipuan Pancaindera Hal ini dapat dibagi menjadi ilusi-ilusi, yang merupakan kesalahan penafsiran dari rangsangan yang timbul dari suatu objek eksternal, dan halusinasi, yang merupakan persepsi tanpa stimulus eksternal yang memadai. Ilusi Dalam ilusi, rangsangan dari benda yang dirasakan digabungkan dengan citra mental untuk menghasilkan persepsi yang salah.

Sangat disayangkan bahwakata 'ilusi' ini juga digunakan untuk persepsi yang tidak setuju dengan rangsangan fisik, seperti ilusi Muller-Lyer di mana dua baris dengan panjang yang sama dapat dibuat untuk tampil tidak merata tergantung pada arah panah pada akhir setiap masing- masing.

Ilusi dalam diri mereka sendiri bukan merupakan indikasi psikopatologi karena mereka dapat terjadi tanpa adanya gangguan kejiwaan, misalnya orang yang berjalan di sepanjang jalan gelap mungkin salah menafsirkan bayangan sepele seperti ancaman penyerangan.

Ilusi dapat terjadi pada delirium ketika ambang persepsi dinaikkan dan pasien cemas dan bingung sehingga salah menafsirkan rangsangan.

Sementara ilusi visual adalah yang paling umum, mereka dapat terjadi pada setiap modalitas. Misalnya, ilusi pendengaran dapat terjadi ketika seseorang mendengar kata-kata dalam percakapan yang menyerupai nama mereka sendiri dan mereka percaya bahwa mereka sedang berbicara tentang dirinya.

Pada saat itu sulit untuk memastikan bahwa pasien menggambarkan ilusi atau apakah ia benar-benar mendengar suara-suara halusinasi berbicara tentang dirinya dan menghubungkan mereka kepada orang-orang yang nyata di lingkungannya. Para psikiater klasik menggambarkan ilusi fantastis di mana pasien melihat modifikasi yang luar biasa terhadap lingkungan mereka.

Salah satu dari mereka memiliki seorang pasien yang tiap kali menatap ke cermin bukannya melihat kepalanya sendiri melihat kepala babi. Fish (1974)

memiliki seorang pasien yang bersikeras bahwa selama wawancara ia melihat perubahan kepala psikiater menjadi kepala kelinci.

Pasien ini bersikap berlebihan dan konfabulasi. Dia juga menciptakan anak anjing yang sebenarnya tidak ada dan memberitahu pasien lain untuk tidak menginjak mereka.

Namun, ilusi fantastis lebih kepada dunia fiksi daripada di bidang psikiatri (Hamilton, 1974).

Tiga jenis ilusi dijelaskan (Sims, 2003) sebagai berikut:

  1. • ilusi Penyelesaian: ini tergantung pada kurangnya perhatian seperti salah membaca kata-kata di surat kabar atau tulisan yang tercetak ada yang hilang karena kita membaca kata itu seolah-olah itu lengkap. Atau, jika kita melihat surat memudar kita mungkin salah membaca kata atas dasar pengalaman sebelumnya, kesenangan, dll, misalnya, untuk orang dengan minat baca, kata '…uku' mungkin salah dibaca sebagai 'buku' meskipun kata yang memudar adalah ‘k'.
  2. • ilusi yang mempengaruhi: ini muncul dalam konteks keadaan mood tertentu. Misalnya, orang yang baru saja berduka mungkin percaya bahwa mereka 'melihat' orang yang meninggal, atau orang mengigau dalam keadaan bingung merasakan gerakan orang lain sebagai ancaman. Dalam depresi berat ketika delusi perasaan bersalah hadir dalam diri seseorang, ia percaya bahwa orang lain itu jahat, mungkin juga mengatakan bahwa ia mendengar orang-orang berbicara tentang membunuh dia ketika ia berada di tangan orang lain. Dalam situasi seperti ini, sulit untuk mengetahui apakah dia mengalami ilusi atau mendengar suara-suara halusinasi yang berbicara tentang dirinya dan menghubungkan mereka ke orang-orang di sekelilingnya.
  3. • Pareidolia: adalah jenis ilusi yang menarik, di mana ilusi hidup terjadi tanpa pasien membuat usaha apapun. Ini ilusi adalah hasil pemikiran fantasi yang berlebihan dan citra visual yang hidup. Mereka tidak bisa dikategorikan sebagai ilusi biasa karena itu akan dijelaskan sebagai hasil dari pengaruh atau pikiran, sehingga mereka berbeda dari ilusi biasa. Pareidolias terjadi ketika subjek melihat gambar hidup dalam api atau awan, tanpa upaya sadar dalam dirinya dan kadang-kadang bahkan bertentangan dengan keinginannya.

Ilusi harus dibedakan dari kesalahpahaman intelektual dan yang terakhir biasanya jelas.

semoga bermanfaat happy blogging! Jadi ketika seseorang mengatakan bahwa sebongkah batu adalah batu berharga ini mungkin kesalahpahaman berdasarkan kurangnya pengetahuan.

1 komentar :

Distributed by Gooyaabi Templates | Designed by OddThemes