Arsip Blog

Teori tentang perkembangan ekologi

Apakah sobat tau, apa itu ekologi ?? Disini blog riedwhan akan mengemukakan mengenai Teori tentang perkembangan ekologi yang riedwhan ambli dari shvoong, semoga bisa menambah pengetahuan kita .

Teori ekologi menurut Urie Bronfrenbrenner (1917) adalah suatu pandangan sosiokultural tentang perkembangan anak-anak sebagai hasil interaksi antara alam sekitar dengan anak- anak tersebut.

Teori Sistem ekologis ini disebut juga ”Pembangunan dalam Konteks”. Ada lima sistem dalam teori ekologi Bronfenbrenner, antara lain:

1. Mikrosistem
Mikrosistem adalah setting dimana individu hidup, meliputi keluarga individu, teman-teman sebaya, sekolah, dan lingkungan. Dalam mikrosistem inilah interaksi yang paling langsung dengan agen- agen sosial berlangsung (misalnya dengan orangtua, teman sebaya, dan guru).
2. Mesosistem
Lingkungan mesosistem meliputi hubungan antara beberapa mikrosistem atau hubungan antara beberapa konteks. Contohnya: hubungan antar pengalaman keluarga dan pengalaman sekolah, pengalaman sekolah dengan pengalaman keagamaan, dan pengalaman keluarga dengan pengalaman teman sebaya.
3. Eksosistem
Eksosistem dalam teori ekologi Bronfenbrenner dilibatkan ketika pengalaman- pengalaman dalam setting sosial lain, dimana individu tidak memiliki peran yang aktif, mempengaruhi apa yang individu alami dalam konteks yang dekat. Misalnya, pengalaman kerja dapat mempengaruhi hubungan seorang perempuan dengan suami dan anaknya; pemerintah pusat melalui perannya dalam kualitas perawatan kesehatan dan sistem bantuan bagi manusia lanjut usia.
4. Makrosistem
Makrosistem meliputi kebudayaan dimana individu hidup. Kebudayaan mengacu pada pola perilaku, keyakinan, dan semua produk lain dari sekelompok manusia yang diteruskan dari generasi ke generasi.
5. Kronosistem
Kronosistem meliputi pemolaan peristiwa- peristiwa lingkungan dan transisi sepanjang rangkaian kehidupan dan keadaan-keadaan sosiohistoris. Misalnya, dengan mempelajari dampak perceraian terhadap anak-anak, para peneliti menemukan bahwa dampak negatif sering memuncak pada tahun pertama setelah perceraian dan dampaknya lebih negatif bagi anak laki- laki daripada anak perempuan.

Perkembangan teori ekologi menunjukkan adanya perhatian terhadap ketergantungan biologi dan sosiologi dalam kaitan hubungan antara manusia dengan lingkungannya, yang mana hal itu secara signifikan mempengaruhi pemikiran-pemikiran psikologi lingkungan.

Dengan perkembangan teori ekologi, seseorang tidak dianggap terpisah dari lingkungannya, melainkan merupakan bagian yang integral dari lingkungannya.

.

nah itulah, 5 teori dari pembahasan tentang ekologi. Mudah-mudahan sobat paham ya? Dan semoga artikel ini bermanfaat. Happy blogging

Posting Komentar

Distributed by Gooyaabi Templates | Designed by OddThemes