Arsip Blog

Sekilas tentang akulturasi

Halo sobat riedwhan yang lagi haus dengan ilmu pengetahuan. Kali ini blog riedwhan akan membahas sekilas tentang akulturasi , mungkin sobat senior yang berpendidikan sudah pada tau? ? Kayanya. .

Akulturasi adalah proses pencampuran antara dua kebudayaan atau lebih yang saling bertemu dan saling mempengaruhi. Akulturasi menjelaskan proses perubahan budaya dan psikologis yang menghasilkan pertemuan antara budaya-budaya.

Efek dari akulturasi budaya dapat dilihat pada berbagai tingkat di kedua budaya tersebut berinteraksi. Pada tingkat kelompok, akulturasi sering menyebabkan perubahan budaya, adat istiadat, dan lembaga- lembaga sosial. Efek tingkat ini Terlihat pada sekelompok akulturasi yang sering termasuk perubahan dalam makanan, pakaian, dan bahasa. Pada tingkat individu, perbedaan dalam acculturate menjelaskan cara seorang individu berhubungan tidak hanya dengan perubahan dalam perilaku sehari-hari, tetapi dengan langkah- langkah berbagai psikologis dan fisik. Konsep akulturasi telah dipelajari secara ilmiah sejak 1918. Akulturasi berbeda dari bidang psikologi, antropologi, dan sosiologi, sejumlah teori dan definisi telah muncul untuk menggambarkan unsur- unsur dari proses akulturatif.

Definisi dan bukti bahwa akulturasi memerlukan proses dua arah perubahan, penelitian dan teori difokuskan kepada penyesuaian dan adaptasi yang dilakukan oleh minoritas seperti imigran, pengungsi, dan masyarakat adat yang saling menanggapi kontak dengan mayoritas yang dominan. Riset kontemporer difokuskan pada strategi yang berbeda akulturasi dan bagaimana variasi tercipta dalam sebuah akulturasi budaya yang mempengaruhi bagaimana individu baik beradaptasi dengan masyarakat.

Akulturasi adalah istilah yang awalnya diciptakan oleh antropolog Amerika Untuk menggambarkan perubahan yang bisa terjadi dalam masyarakat sebelum penggabungan dengan unsur-unsur budaya asing, seringkali melalui dominasi politik, militer dan teritorial.

Namun, menurut sejarawan Nathan Wachtel Perancis, akulturasi adalah fenomena seluruh interaksi sosial yang terjadi dari kontak antara dua budaya, dan tidak hanya tumpang tindih dari satu budaya ke yang lain.

Contoh dari akulturasi adalah lagu dangdung digabung dengan remix

nah itulah sekilas tentang akultari semoga bisa menambah wawasan sobat. Dan mudah-mudahan artikel pendek ini bermanfaat. Happy blogging

2 komentar :

  1. Absen Sore Sob . . .

    Nyimak Aja Postnya.

    BalasHapus
  2. RuMaHnyA PlaTfoRm jAvA30 April 2013 pukul 02.48

    Hadir sob...
    Kunbal ditnggu

    BalasHapus

Distributed by Gooyaabi Templates | Designed by OddThemes