Arsip Blog

Pengertian perubahan sosial dan pembahasannya

Pada kesempatan ini blog riedwhan akan membahas tentang pengertian perubahan sosial didalam tiap-tiap perubahan, tentu ada unsur- unsur yang tidak sama dari mulanya. perubahan sosial adalah satu sistem didalam satu sistem sosial yang terlihat didalam bentuk perbedaan-perbedaan yang bisa diukur serta berlangsung didalam kurun waktu spesifik.

banyak pakar sosiologi ataupun pakar antropologi berikan makna atau arti perubahan sosial dengan tidak sama.robert morrison maciver, contohnya, berpendapat bahwa perubahan sosial yaitu perubahan didalam bidang hubungan sosial atau perubahan pada keseimbangan didalam hubungan sosial tersebut.

hubungan sosial disini ditujukan sebagai relasi antarindividu dengan penduduk ataupun antarkelompok sosial yang satu dengan grup sosial yang lain didalam sesuatu penduduk.

lantas penduduk di desa yaitu petani. hubungan antaranggota penduduk berbentuk kekeluargaan.

motivasi gotong royong tetap tinggi. sesaat itu, selo soemardjan berpendapat bahwa perubahan sosial yaitu seluruh perubahan yang berlangsung pada lembaga-lembaga kemasyarakatan didalam satu penduduk, dimana perubahan tersebut merubah sistem sosialnya. perubahan sosial yang disebut termasuk nilai-nilai serta pola-pola tingkah laku diantara grup-kelompok didalam penduduk.

selo soemardjan mengerti perubahan sosial berlangsung didalam seluruh kehidupan manusia, baik menyangkut nilai sebagai patokan hidup ataupun tingkah laku manusia itu sendiri. perubahan sosial bisa berlangsung dikarenakan sistem imitasi kebudayaan. generasi muda lakukan imitasi pada apa saja yang ada didalam kebudayaan generasi tua. dikarenakan sistem imitasi ini cuma dikerjakan lewat cara mengikuti bentuk- bentuk yang dikira butuh, bentuk kebudayaan yang dihasilkan cuma sedikit tidak sama dari kebudayaan pada mulanya. didalam perihal ini, berlangsung sistem perubahan yang berjalan dengan lambat tetapi tentu. perubahan itu baru bisa diketahui sesudah periode waktu yang cukup lama, didalam bentuk sistem pewarisan kebudayaan yang tidak prima.

didalam momen itu ada unsur-unsur kebudayaan yang tidak terwariskan. unsur- unsur ini umumnya diisi hal- perihal yang dikira tidak memiliki nilai mutlak untuk generasi pewarisnya. konsekuensi yang timbul akibat berlangsungnya perubahan sosial tidak senantiasa sama. ada perubahan sosial yang memiliki dampak kecil serta kurang bermakna. ada juga perubahan sosial yang memiliki dampak besar. perumpamaan perubahan yang memiliki dampak kecil adalah perubahan mode pakaian serta mode rambut. perubahan didalam bidang mode tidak punya pengaruh pada bidang politik, hukum, dan seterusnya. perumpamaan perubahan yang beresiko besar adalah revolusi industri. revolusi industri tak hanya merubah cara membuahkan barang- barang industri juga merubah sendi-sendi kehidupan penduduk. revolusi industri memunculkan imperialisme moderen. ada juga dampak perubahan sosial yang nampak dengan lambat serta bertahap, contohnya program keluarga merencanakan ( kb ) di indonesia. perubahan yang diinginkan dari program ini yaitu penduduk mempunyai kesadaran untuk membentuk keluarga kecil sejahtera. tingkah laku yang diinginkan itu baru terbentuk kurun waktu yang lama, dikarenakan menyangkut nilai serta pola berpikir yang sudah tertanam didalam penduduk, contohnya “banyak anak banyak rezeki. ” nilai serta pola berpikir itu tertanam kuat pada saat lampau serta di dukung oleh kebiasaan.

, itulah seputar pembahasan mengenai perubahan sosial, semoga bermanfaat.

Happy blogging

2 komentar :

Distributed by Gooyaabi Templates | Designed by OddThemes