Arsip Blog

Hidup terpisah membuat hubungan ibu dan bayi jadi renggang

bayi-ketawa.jpgHidup terpisah membuat hubungan ibu dan bayi jadi renggang Bayi yang tinggal terpisah dengan ibunya, meski hanya satu malam, diketahui memiliki hubungan yang lebih renggang dibandingkan dengan bayi dan anak yang tinggal bersama ibunya.

Hal ini biasanya terjadi pada anak yang orang tuanya hidup terpisah. Hasil ini ditemukan oleh peneliti di University of Virginia setelah menganalisis data dari ribuan anak yang lahir di Amerika pada tahun 1998 sampai 2000.

Di antara orang tua yang tinggal secara terpisah, diketahui bahwa tujuh persen anak di bawah satu tahun menghabiskan setidaknya satu malam terpisah dari ibunya untuk tinggal bersama ayah.

Bayi yang secara rutin menghabiskan satu malam atau lebih tinggal bersama ayah dan jauh dari ibu diketahui memiliki hubungan yang lebih jauh dan merasa tak aman dengan ibu mereka dibanding dengan bayi yang jarang pergi jauh dari ibunya untuk tinggal bersama ayah.

Uniknya, hasil ini hanya berlaku ketika anak berusia antara satu sampai tiga tahun. Penemuan ini tak berlaku bagi balita yang berusia di atas satu sampai tiga tahun.

Peneliti mengungkap bahwa hubungan yang kuat antara bayi dan ibu dikembangkan ketika anak berusia nol sampai satu tahun masa kehidupannya. Hubungan anak dengan ibu selama satu tahun pertama menjadi dasar hubungan kesehatan dan hubungan sosial pada kehidupan setelahnya, termasuk ketika mereka dewasa.

Hubungan ini dibentuk antara bayi dengan pengasuh utamanya. Pengasuh utama ini bisa jadi ayah atau ibu, bergantung pada keadaan keluarga bayi. "Kita tentu ingin bayi memiliki hubungan yang baik dengan kedua orang tua (jika orang tua hidup terpisah).

Namun jika orang tua berpisah, sebaiknya anak memiliki hubungan yang kuat dan aman dengan salah satu orang tua," ungkap Samantha Tornello dari University of Virginia, seperti dilansir oleh US News (26/07).

Untuk itu, akan lebih baik jika dalam usia satu tahun bayi tidak dipisahkan terlalu sering dengan ibu atau pengasuh utamanya agar bayi bisa membentuk hubungan yang kuat dengan salah satu orang tua.

5 komentar :

  1. info yg bagus sob,,
    tapi ada yg gx aku paham nih : " jika orang tua berpisah, sebaiknya anak memiliki hubungan yang kuat dan aman dengan salah satu orang tua" kok bisa...???

    BalasHapus
  2. Untuk Admin/CEO/Owner/Pemilik/Empu/Dll
    Apa kabar? Semoga baik saja
    Hadir nih di blog sobat... :ranger:

    Iya juga. Udah pisah beberapa lama, ikatan batinnya jadi berbeda.

    Oke kawan, cukup dekian dulu kunjunganku di blog ini, kalau berkenan dan ada waktu sekaligus tidak mengganggu, mari berkunjung di blog saya kawan, blog saya menyediakan:
    :right: Info menarik
    :right: Info unik
    :right: Artikel terkini
    :right: Dan lain lain
    Untuk lebih jelasnya bisa dicek disini kawan
    :down: :down: :down: :down: :down: :down: :down:
    http://arfika.mywapblog.com
    :up: :up: :up: :up: :up: :up: :up:
    Kalau pesan ini mengganggu abaikan saja kawan, tak apa kok. Oh iya lupa, kalau gak keberatan, bisa juga kok ngasih rating seikhlasnya ke blog saya, di menu Rating Blog Ini Terima kasih

    A.R.F.I.K.A.P.E.D.I.A
    :up: :up: :up: :up: :up:

    BalasHapus
  3. nyimak acchh

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaikum wr wb

    kunjungan malam masta

    BalasHapus
  5. Memang bener tuh gan ..


    Thanks udah berbagi...:)

    BalasHapus

Distributed by Gooyaabi Templates | Designed by OddThemes