Arsip Blog

Tes MBTI (Myer Briggs Type Indicator)

kecerdasan-manusia.gifTes MBTI (Myer Briggs Type Indicator) -Dalam Tes MBTI akan diketahui kecenderungan arah seseorang. Misal, pada tipe Extrovert (E) vs Introvert (I) cenderung berada pada sisi E atau I.

Karena terdapat empat dimensi, maka kemungkinan kombinasinya menjadi 16 tipe: (ENTJ, ISTJ, ENFP, dan seterusnya). Manfaat MBTI Bimbingan Konseling.

MBTI berguna di dunia pendidikan dan pengembangan karier. MBTI bisa dipakai sebagai panduan memilih jurusan kuliah sampai dengan profesi yang cocok dengan kepribadian. Pengembangan Diri.

Melalui MBTI dapat diketahui kelebihan (strength) seseorang sekaligus kelemahannya (weakness).

Dari situ seseorang dapat melakukan koreksi lalu memperbaiki sisi weakness.

Memahami Orang Lain dengan lebih baik. Manusia punya keunikan kepribadiannya, jadi maklumilah warna perbedaan itu sebagai karunia Allah SWT.

Hal-hal yang Perlu Dihindari dari MBTI Menjadi Alasan Labelling

Analisa 16 Tipe Kepribadian MBTI ISTJ

(Bertanggungjawab) Serius, tenang, stabil & damai. Senang pada fakta, logis, obyektif, praktis & realistis. Task oriented, tekun, teratur, menepati janji, dapat diandalkan & bertanggung jawab.

Pendengar yang baik, setia, hanya mau berbagi dengan orang dekat.

Memegang aturan, standar & prosedur dengan teguh. Saran

Pengembangan: Belajarlah memahami perasaan & kebutuhan orang lain. Kurangi keinginan untuk mengontrol orang lain atau memerintah mereka untuk menegakkan aturan.

Lihatlah lebih banyak sisi positif pada orang lain atau hal lainnya. Terbukalah terhadap perubahan.

Saran Profesi: Bidang Manajemen, Polisi, Intelijen, Hakim, Pengacara, Dokter, Akuntan (Staf Keuangan), Programmer atau yang berhubungan dengan IT, System Analys, Pemimpin Militer

Pasangan/Partner Alami: ESFP atau ESTP ISFJ (Setia) Penuh pertimbangan, hati- hati, teliti dan akurat. Serius, tenang, stabil namun sensitif. Ramah, perhatian pada perasaan & kebutuhan orang lain, setia, kooperatif, pendengar yang baik. Punya kemampuan mengorganisasi, detail, teliti, sangat bertanggungjawab & bisa diandalkan. Saran Pengembangan: Lihat lebih dalam, lebih antusias, & lebih semangat. Belajarlah mengatakan AtidakA. Jangan menyenangkan semua orang atau Anda dianggap plin plan.

Jangan terjebak zona nyaman dan rutinitas. Cobalah hal baru. Ada banyak hal menyenangkan yang mungkin belum pernah Anda coba. Saran Profesi: Architect, Interior Designer, Perawat, Administratif, Designer, Child Care, Konselor, Back Office Manager, Penjaga Toko / Perpustakaan, Dunia Perhotelan.

Pasangan/Partner Alami: ESFP atau ESTP ISTP (Pragmatis)

Tenang, pendiam, cenderung kaku, dingin, hati-hati, penuh pertimbangan. Logis, rasional, kritis, obyektif, mampu mengesampingkan perasaan. Mampu menghadapi perubahan mendadak dengan cepat dan tenang.

Percaya diri, tegas dan mampu menghadapi perbedaan maupun kritik. Mampu menganalisa, mengorganisir, & mendelegasikan.

Problem solver yang baik terutama untuk masalah teknis & keadaan mendadak.

Saran Pengembangan: Observasilah kehidupan sosial, apa yang membuat orang marah, cinta, senang, termotivasi lalu terapkan pada hubungan Anda. Belajarlah untuk mengenali perasaan Anda dan mengekspresikannya . Jadilah orang yang lebih terbuka, keluar dari zona nyaman, eksplorasi ide baru, dan berdiskusi dengan orang lain.

Jangan mencari-cari kesalahan orang hanya untuk menyelesaikan masalahnya. Jangan menyimpan informasi yang harusnya dibagi dan belajarlah mempercayakan tanggungjawab pada orang lain.

Saran Profesi: Polisi, Ahli Forensik, Programmer, Ahli Komputer, System Analyst, Teknisi, Insinyur, Mekanik, Pilot, Atlit, Entrepreneur

1 komentar :

Distributed by Gooyaabi Templates | Designed by OddThemes