Arsip Blog

Cara alami mengusir semut

Semut adalah hewan berkaki enam yang berasal dari keluarga Formisidae, dan termasuk dalam ordo Himenoptera.

Semut dikenal dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur, yang bisa terdiri dari ribuan semut per koloni. Semut dalam satu koloni dibagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Satu koloni dapat menguasai dan memakai sebuah daerah luas untuk mendukung kegiatan mereka.

Menurut Hadits shahih Imam Muslim No.4157, muslim diperintahkan untuk tidak membunuh semut, Muhammad bersabda, "Ada seekor semut pernah menggigit salah seorang nabi. Nabi tersebut lalu memerintahkan umatnya untuk mendatangi sarang semut kemudian membakarnya.

Tetapi kemudian Allah menurunkan wahyu kepadanya, "Apakah hanya karena seekor semut menggigitmu lantas kamu membinasakan satu umat yang selalu bertasbih."" (Hadits Riwayat Abu Hurairah)

Dalam Alkitab (kitab suci Kristen) dalam Kitab Amsal 6:6-11, umat Kristen diajarkan untuk mencontoh teladan semut, baik dalam etos kerja maupun dalam ketaatan kepada pemimpin, ketekunan menghadapi rintangan, kepekaan terhadap sekitarnya dan serta kebersamaan hidup dalam masyarakat.

Amsal 6:6-11, "Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak: biarpun tidak ada pemimpinnya, pengaturnya atau penguasanya, ia menyediakan rotinya di musim panas, dan mengumpulkan makananannya pada waktu panen. Hai pemalas, berapa lama lagi engkau berbaring? Bilakah engkau akan bangun dari tidurmu? Tidur sebentar lagi, mengantuk sebentar lagi, melipat tangan sebentar lagi untuk tinggal berbaring"- maka datanglah kemiskinan kepadamu seperti seorang penyerbu, dan kekurangan seperti orang yang tak bersenjata."

Semut adalah makhluk Tuhan yang harus disayangi, walaupun demikian semut sangat mengganggu manusia, untuk itu diperlukan tindakan yang lebih tepat yaitu dengan mengusir semut bukan membunuh mereka.

Berikut adalah cara-cara alami mengusir semut di rumah.

1. Kayu manisUntuk mengusir semut, taburkan bubuk kayu manis di sekitar pintu, jendela dan lantai yang menjadi jalan masuk semut ke dalam rumah. Meski rasanya manis, namun kayu manis ini tidak disukai semut.

2. Air jeruk nipisUntuk mengusir semut, semprotkan air perasan jeruk nipis di sekitar pintu atau jendela tempat masuknya semut. Bau asam jeruk nipis akan mengacaukan bau manis gula yang ditangkap semut.

3. Ampas kopiJangan buru-buru membuang ampas kopi. Taburkan ampas kopi di sekitar jendela atau pintu yang menjadi jalan masuk semut ke rumah Anda. Ampas kopi bisa digunakan untuk mengusir semut.

4. Tepung maizena/ jagungTepung maizena atau tepung jagung bisa juga digunakan untuk mengusir semut. Cari sarang semut kemudian taburkan tepung jagung di sarang semut tersebut. Tidak lama kemudian semut akan segera meninggalkan sarangnya.

5. Daun sirihDaun sirih ternyata bisa dipakai sebagai alat pengusir semut secara alami. Remas-remas daun sirih dan letakkan di tempat semut berkerumun. Serangga seperti semut tidak menyukai bau minyak atsiri yang dikeluarkan oleh daun sirih.

6. CengkehCengkeh ternyata juga bisa untuk mengusir semut. Caranya dengan menaburkan cengkeh di sekeliling benda yang ingin dijauhkan dari kerumunan semut dan tempat yang sering dilalui dan digunakan untuk berkeliaran semut. Dengan mencium bau cengkeh yang khas semut akan menghindar dan pergi.

7. PeppermintMinyak esensial dari peppermint juga bisa digunakan untuk mengusir semut. Kalau susah untuk menemukan minyak esensial peppermint, sebagai alternatif Anda bisa menggunakan sabun cair atau pasta gigi beraroma mint. Campur dengan air dengan perbandingan yang sama dalam botol semprot, kemudian semprotkan pada kerumunan semut.

8. Kulit telur ayamSerbuk kulit telur ayam dapat digunakan sebagai pengusir semut. Caranya goreng tanpa minyak atau sangrai kulit telur ayam hingga berwarna kehitaman. Kemudian tumbuklan kulit telur tersebut sampai halus. Selanjutnya taburkan di tempat dimana semut- semut tersebut bersarang.

9. CukaTuangkan cuka di atas sarang semut akan membuat semut pergi dari sarangnya dan tidak akan pernah kembali lagi.

10. Baking sodaSemut selalu menyertai dirinya dengan zat asam sebagai perlindungan. Buatlah campuran dari baking soda dan gula halus kemudian letakkan pada tempat- tempat strategis. Rasa asam dari baking soda akan mengecoh semut, sehingga semut tidak lagi meneruskan pencarian gula di rumah Anda.

Posting Komentar

Distributed by Gooyaabi Templates | Designed by OddThemes