Arsip Blog

Kopi luwak itu, berasal dari kotoran luwak lho?

eitz Sebelum berpikiran negatif tentang luwak! Baca dulu ini!

Luwak (Paradoxurus Hermaphrodirus) adalah hewan carnivora sejenis musang yang habitatnya ada di pulau Sumatra dan pulau Jawa, Indonesia.

Walaupun luwak adalah jenis hewan carnivora (pemakan daging) namun hewan ini juga suka sekali makan buah-buahan seperti buah pisang, coklat, pepaya, jambu dan buah kopi.

Ada hal yang unik dari luwak ini. Hewan yang dahulu dianggap hama bagi lahan panen para petani. Kini justru memberi manfaat yang hebat. Biji kopi luwak ini menjadi kopi termahal di dunia, harganya mencapai USD100 per 450 gram. Yaitu sejak para peminat kopi gourmet mempubilkasikannya pada tahun 1980.

Bahkan jenis kopi asli Indonesia ini masuk ke Guiness Book of Records. Tidak heran,di pasaran dunia untuk sekilo kopi Luwak, orang harus membayar sekitar 13 juta rupiah.Tapi apa hubungannya kopi dengan luwak ? Ternyata kopi luwak ini adalah kopi yang diproduksi oleh luwak.

Pada umumnya, proses pembuatan kopi luwak sama dengan proses pembuatan kopi pada umumnya. Perbedaannya hanya terletak pada pembuatan biji kopi luwaknya. Karena biji kopi di fermentasi terlebih dahulu di dalam perut luwak. Para produsen di Sumatra yang pertama kali memproduksi kopi luwak biasanya memberi 0,88 - 1,15 Kg kopi glondong per hari untuk dimakan oleh luwak.

Kemudian buah kopi mengalami proses fermentasi alami di lambung luwak kurang lebih selama 12 jam. Biji kopi tersebut tercampur dengan enzim – enzim yang ada dalam perut luwak.

Suhu dalam perut yang mencapai > 26O C sehingga membantu untuk fermentasi sempurna.. Biji kopi yang dimakan luwak tadi akan dikeluarkan oleh luwak bersama kotorannya pada proses eksresi. Kemudian biji kopi dipisahkan dari kotorannya yang menempel pada biji kopi luwak tersebut.

Dan dibersihkan menjadi biji kopi yang masih utuh. Biji kopi tersebut lalu dijemur atau dikeringkan dengan sinar matahari.

Dan jadilah biji kopi luwak. Waduh, ternyata kopi luwak itu berasal dari kotoran luwak. Walaupun begitu, kopi luwak tidak bau seperti bau kotoran pada umumnya. Dan tetap saja kopi luwak ini menjadi kopi yang paling nikmat karena aromanya yang khas.

Bahkan, kopi asli buatan Indonesia ini telah berulang kali diperlihatkan dalam beberapa film dan sinetron. Misalnya sebuah sinetron Hongkong yang menceritakan tentang perjalanan seseorang dari Indonesia yang membawa pulang kopi luwak sebagai oleh-oleh bagi rekan kerjanya di Hongkong.

Lalu film-film produksi Hollywood yang dibintangi oleh aktor sekelas Jack Nicholson juga pernah mempertontonkan ketika sang aktor meminum kopi luwak.

Dan hebatnya lagi,kopi luwak ini juga pernah diperkenalkan dan diperagakan cara menyeduhnya oleh presenter kelas dunia Oprah Winfrey hingga pada tahun 2003 dalam acara reality shownya yang sangat terkenal yaitu The Oprah Winfrey Show.

nah! Semoga artikel ini bermanfaat!

Posting Komentar

Distributed by Gooyaabi Templates | Designed by OddThemes