Arsip Blog

Tips melewati tahun pertama masa pernikahan

Pertama-tama, jangan mengira bahwa setelah kalian mengucapkan ikrar pernikahan, kalian langsung menjadi pakar perkawinan. sewaktu masih lajang, bisa jadi Anda sudah mengembangkan ketrampilan yang berguna untuk berinteraksi, dan selama berpacaran, Anda semakin mahir.

Tetapi dalam perkawinan, ketrampilan itu akan diuji di bidang bidang lain dan kemungkinan besar Anda membutuhkan ketrampilan baru.

Apakah Anda akan membuat kesalahan ?

Pasti. Apakah Anda bisa memperoleh ketrampilan yang dibutuhkan ? Tentu !

Cara terbaik untuk meningkatkan ketrampilan apa pun adalah dengan meminta nasihat seorang pakar di bidang itu, lalu menerapkan nasihatnya. Pakar terbaik di bidang perkawinan adalah Allah. Hal itu masuk akal, karena Dialah yang menciptakan kita dengan keinginan untuk menikah.

KETRAMPILAN 1 : BELAJARLAH BERUNDING

Pada waktu membicarakan hal-hal yang akan mempengaruhi teman hidup,

(1) Jelaskan apa yang akan Anda lakukan untuk menangani masalah itu, tetapi kemukakan dalam bentuk saran, bukan sebagai keputusan akhir atau ultimatum;

(2) mintalah pendapat teman hidup Anda, dan hargai haknya untuk memiliki sudut pandang yang berbeda; dan

(3) "biarlah sikap masuk akalmu diketahui" dengan sebisa mungkin mengikuti pilihan teman hidup Anda.

KETRAMPILAN 2 : BELAJAR BIJAKSANA

Sewaktu Anda merasa kesal terhadap teman hidup, bayangkan anda sedang berbicara dengan sahabat atau majikan Anda, bukan dengan teman hidup Anda. Apakah Anda masih akan menggunakan nada suara atau pilihan kata yang sama ? Kemudian, pikirkan mengapa teman hidup Anda layak untuk lebih dihormati dan dipertimbangkan perasaannya daripada teman atau majikan.

KETRAMPILAN 3 : BELAJAR MENYESUAIKAN DIRI DENGAN PERAN BARU ANDA

Ketimbang menuliskan perubahan apa saja yang menurut Anda harus dilakukan teman hidup Anda, buatlah daftar perubahan yang harus Anda lakukan. SUAMI : Apabila istri anda kesal karena cara Anda menjalankan kekepalaan atau karena Anda tidak menjalankannya, bertanyalah kepadanya perbaikan apa yang dapat Anda lakukan lalu catatlah sarannya.

ISTRI : Apabila suami Anda merasa ia tidak direspek, bertanyalah kepadanya perbaikan apa yang dapat Anda lakukan, dan catatlah sarannya.

MILIKI HARAPAN YANG MASUK AKAL

Belajar mempertahankan hubungan perkawinan yang bahagia dan seimbang sama seperti belajar bersepeda. Anda tahu bahwa Anda pasti akan jatuh seraya Anda semakin mahir bersepeda. Demikian pula jangan heran jika Anda membuat kesalahan yang memalukan seraya Anda semakin berpengalaman dalam perkawinan. Selalu miliki rasa humor. Anggap serius kekhawatiran teman hidup, tetapi belajarlah untuk menertawakan kesalahan sendiri. Manfaatkan kesempatan untuk menyukakan hati teman hidup pada tahun pertama perkawinan Anda. Yang terutama, jadikan Tuhan sebagai pembimbing hubungan Anda. Dengan demikian, ikatan perkawinan Anda akan semakin kuat tahun demi tahun.

RENUNGKANLAH :

Apakah teman hidup menjadi orang kepercayaan saya, atau saya lebih suka minta nasihat orang lain ? Dalam 24 jam terakhir, hal spesifik apa yang telah saya lakukan untuk menunjukkan kasih dan respek saya kepada teman hidup ?

Posting Komentar

Distributed by Gooyaabi Templates | Designed by OddThemes