Arsip Blog

Tips jitu agar mobil kita tidak berkarat

Karat ibarat penyakit tubuh yang menyerang pada bagian seng atau besi.

Sedikit demi sedikit body akan keropos dan rapuh, sehingga korosi bisa menjadi petaka bagi pemilik mobil.

Terjadinya karat merupakan proses alamiah yang tidak dapat dihindari. Karat terjadi karena proses oksidasi antara besi dan oksigen (O2). Meski prosesnya lambat, tapi berakibat fatal.

Maka yang bisa dilakukan adalah mencegah proses terjadinya karat tersebut. Untuk mencegah karat ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Di antaranya dengan mencuci kendaraan sesering mungkin.

Itu cara terbaik untuk mencegah timbulnya karat. Jika mobil selalu melewati genangan air atau lumpur, setidaknya setiap pekan disemprot di bagian bawah. Akan lebih baik menggunakan air hangat atau disemprot dengan air bertekanan tinggi agar tempelan tanah rontok.

Bisa juga menggunakan sikat untuk membersihkan kotoran hingga benar-benar bersih. Cara ini dapat mencegah datangnya karat. Terlebih bagi yang tinggal di daerah pantai, usahakan mobil selalu bersih dan kering saat diparkir dalam garasi.

Proses korositas air garam berlangsung lebih cepat, bahkan bisa terjadi dalam hitungan jam. Maka yang penting, terus berupaya memperpanjang usia lapisan antikarat.

Karat juga bisa disebabkan tingginya tingkat kelembaban. Ini karena genangan air hujan atau proses pengeringan tidak sempurna setelah mencuci mobil. Meski mobil sudah ada pelindung, tapi pelat besi memiliki pori-pori yang membuat korosi.

Maka bila karat sudah muncul, akan lebih baik mengganti pelat besi yang keropos tersebut dengan pelat baru dan melapisinya kembali dengan anti karat.

Memilih Antikarat Untuk memberi daya tahan lebih terhadap karat, yaitu dengan mencelupkan body ke dalam cairan antikarat. Cara ini membuat semua bagian termaasuk sisi sempit body dapat terlindungi. Bisa pula dengan lapisan pellindung berupa pelat galvanis, agar karat sulit muncul. Perlindungan lain menggunakan plingkut (flintcoat) yang bersifat kenyal. Pelindung ini untuk bagian bawah mobil dan tempat tersembunyi lain. Ada juga yang melindungi body mobil dengan memanfaatkan ion negatif yang disebar ke body melalui aliran listrik.

Namun perlu disadari, karat akan mudah muncul bila body terbaret. Bila terkena baret hingga mengenai lapisan pelat, karat mudah terjadi. Pelat besi akan langsung bereaksi dengan oksigen. Bila terjadi, maka segera lapisi dengan cat atau menggunakan produk yang berfungsi memberi lapisan pelindung.

Tujuannya supaya oksigen tidak bersinggungan langsung dengan pelat besi. Kalau karat sudah menyerang akan sulit diobati apalagi sampai ke bagian dalam mobil sangat mengganggu sehingga bisa menurunkan harga jual kembali.

Karena itu, mencegah lebih baik daripada mengobati. Di samping lebih hemat, mobilpun akan terlihat mulus.

Posting Komentar

Distributed by Gooyaabi Templates | Designed by OddThemes